Pelayanan Kesehatan
Materi belajar ini akan memberikan pemahaman terkait target Pelayanan Kesehatan dalam SDG
Tentang apa ini?
Pelayanan Kesehatan merupakan materi belajar yang dirancang untuk memberi gambaran secara umum dan memunculkan kesadaran terhadap konsep sehat, kesehatan, tujuan pembangunan kesehatan, program kesehatan serta kaitannya dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Peserta diharapkan mampu mengklasifikasikan jenis-jenis penyakit, memahami isu terkait pelayanan kesehatan serta perkembangan dan jejaringnya di berbagai level, baik level individu, komunitas dan target SDGs untuk tingkat nasional. Pemahaman mengenai Pelayanan Kesehatan sebagai program yang ditujukan untuk memelihara kesehatan individu dan masyarakat tidak berdiri sendiri, maka diperlukan pemahaman bahwa pelayanan kesehatan berjenjang dan memiliki jejaring dengan sistem layanan. Pelayanan Kesehatan erat kaitannya dengan produktifitas kerja individu serta berkurangnya beban sosial dalam masyarakat. Pada setiap topik materi belajar ini, tedapat aktivitas pembelajaran yang terdiri dari menonton tautan video dan video presentasi, membaca literatur, kuis dan forum diskusi di setiap topik.
Apa manfaat belajar materi ini?
Pelayanan Kesehatan harus didukung dengan akses yang dikenal sebagai payung dari kondisi cakupan kesehatan semesta atau Universal Heal Coverage. Pada cakupan kesehatan semesta akan diterangkan bagaimana negara membelanjakan uang untuk sektor kesehatan, dan dapat dilihat perbandingan belanja kesehatan negara ASEAN yang tentu saja tidak bisa dibandingkan secara mudah. Selanjutnya peserta dapat memahami transisi epidemiogi yang terjadi dan transisi kependudukan yang berjalan sekaligus. Selain itu akan diperkenalkan sistem informasi wabah yang juga merupakan bagian dari pelayanan kesehatan untuk mendukung kesehatan global.
Pada akhir materi belajar ini, partisipan akan mampu:
1. Menjelaskan konsep sehat, kesehatan, tujuan pembangunan kesehatan, program kesehatan, serta pemanfaatannya;
2. Mengkategorikan dan membedakan klasifikasi penyakit serta keterkaitan pelayanan kesehatan;
3. Mendiskusikan isu terkait pelayanan kesehatan serta perkembangan dan jejaringnya di berbagai level, baik level lndividu, komunitas dan target SDGs terkait indikator nasional;
4. Mengidentifikasi sistem informasi untuk mendukung penanganan wabah meliputi manajemen kebutuhan surveilan kesehatan daerah;
5. Mengidentifikasi sistem pelayanan kesehatan terkait dengan situasi beban penyakit di kesehatan, dan upaya strategis pencapaian target pembangunan berkelanjutan;
6. Menjelaskan kualitas hidup termasuk dalam perspektif kesehatan, pengukuran serta dimensi kualitas hidup.
Apa saja topik pembelajarannya?
1. Kesehatan dan SDGs
1.1. Konsep Sehat
1.2. Program Kesehatan
1.3. Pembangunan Kesehatan dan Target SDGs
2. Penyakit dan Upaya Kesehatan
2.1. Konsep Penyakit
2.2. Klasifikasi Penyakit
2.3. Beban Penyakit
2.4. Prioritas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular
2.5. Promosi dan Intervensi pada Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM)
2.6. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
2.7. Pengeluaran Pemerintah untuk Kesehatan
3. Pelayanan Kesehatan
3.1. Tujuan Pelayanan Kesehatan
3.2. Faktor yang Mempengaruhi Pelayanan Kesehatan
3.3. Sistem Pelayanan Kesehatan di Indonesia
3.4. Perkembangan Pelayanan Kesehatan
4. Sistem Kesehatan dan Kesiapsiagaan Kesehatan
4.1. Dasar Sistem Kesehatan
4.2. Upaya Kesehatan Masyarakat
4.3. Peran Sistem Kesehatan dan Kesiapsiagaan
4.4. Implementasi dalam Program Desa Siaga
5. Upaya Kesehatan untuk Mendukung Kesehatan Global
5.1. Beban Masalah Kesehatan
5.2. Sistem Layanan Kesehatan
5.3. Upaya Strategis Perbaikan Program
5.4. Upaya Promotif dan Preventif Kesehatan
6. Kualitas Hidup dan Perspektif Kesehatan
6.1. Konsep dan Definisi Kualitas Hidup
6.2. Kualitas Hidup Perspektif Kesehatan
6.3. Pengukuran Kualitas Hidup Perspektif Kesehatan
6.4. Perencanaan Kualitas Hidup bagi Masyarakat
Siapa yang menyusun materi belajar ini?
SDG Academy Indonesia, SDG Hub Universitas Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan World Health Organization (WHO).
Bagaimana cara mendapatkan E-certificatenya?
Peserta harus menyelesaikan kesemua topik dan sub topik. Peserta juga harus mendapatkan minimum kelulusan materi belajar dengan skor 60 untuk post-test/tes akhir dan keaktifan dalam forum diskusi di setiap topik.
Berapa lama untuk menyelesaikan ini?
Peserta diberi tenggat waktu selama 6 bulan