Lewati ke konten utama

Peningkatan Kualitas Pendidikan


Materi belajar ini akan memberikan pemahaman terkait target peningkatan kualitas pendidikan dalam SDG, yang bertujuan untuk menjamin inklusif dan pemerataan (inclusive and equitable) kualitas pendidikan, dan meningkatkan kesempatan pembelajaran seumur hidup untuk semua masyarakat (lifelong learning opportunity). Pendidikan merupakan akumulasi human capital yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan. Dengan mengikuti materi belajar ini, peserta dapat memahami secara lebih komprehensif terkait pendidikan dalam konteks pembangunan berkelanjutan, menganalisis kualitas pendidikan baik secara regional, nasional, internasional, serta menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam lingkungan keseharian peserta. Pada setiap topik materi belajar ini, tedapat aktivitas pembelajaran yang terdiri dari menonton tautan video dan video presentasi, membaca literatur, kuis dan forum diskusi di setiap topik.

Tentang apa ini?

Materi belajar ini akan memberikan pemahaman terkait target peningkatan kualitas pendidikan dalam SDG, yang bertujuan untuk menjamin inklusif dan pemerataan (inclusive and equitable) kualitas pendidikan, dan meningkatkan kesempatan pembelajaran seumur hidup untuk semua masyarakat (lifelong learning opportunity). Pendidikan merupakan akumulasi human capital yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan. Dengan mengikuti materi belajar ini, peserta dapat memahami secara lebih komprehensif terkait pendidikan dalam konteks pembangunan berkelanjutan, menganalisis kualitas pendidikan baik secara regional, nasional, internasional, serta menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam lingkungan keseharian peserta. Pada setiap topik materi belajar ini, tedapat aktivitas pembelajaran yang terdiri dari menonton tautan video dan video presentasi, membaca literatur, kuis dan forum diskusi di setiap topik.

Apa manfaat belajar materi ini?

Materi belajar ini mencakup konsep pendidikan berkualitas dalam konteks pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan; target, indikator, dan tren global terkait peningkatan kualitas pendidikan; kualitas pendidikan dan konteks pembangunan berkelanjutan di Indonesia; pendidikan berkualitas di Indonesia dari jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar menengah, dan pendidikan tinggi; serta pembiayaan pendidikan.
Pada akhir materi belajar ini, partisipan akan mampu:
1. Menjelaskan konsep dan faktor-faktor utama terkait pendidikan dan pembangunan berkelanjutan;
2. Memahami hubungan antara kualitas pendidikan dengan pembangungan berlekanjutan;
3. Memahami target dan indikator terkait dengan SDG pendidikan;
4. Memahami isu global terkait SDG pendidikan;
5. Memahami pengalaman berbagai negara terkait pendidikan;
6. Menganalisis permasalahan dan kebijakan terkait kualitas pendidikan di Indonesia.

Apa saja topik pembelajarannya?

1. Pendidikan Berkualitas, Pertumbuhan Ekonomi, dan Pembangunan Berkelanjutan
1.1. Latar Belakang dan Tujuan Pembelajaran
1.2. Konsep Pertumbuhan Ekonomi dan Pendidikan
1.3. Hubungan Pendidikan dan Pertumbuhan Ekonomi
1.4. Pertumbuhan Ekonomi vs Pembangunan Ekonomi
1.5. Konsep Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development)
1.6. Perubahan Millennium Development Goals (MDGs) menjadi Sustainable Development Goals (SDGs)
1.7. Human Capital Index dan SDGs Index, beserta capaian Indonesia

2. Target, Indikator, dan Isu Global dan Indonesia terkait SDG untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan
2.1. Latar Belakang dan Tujuan Pembelajaran
2.2. Tujuan SDG Keempat (SDG 4): Pendidikan Berkualitas
2.3. Target dan Indikator Pencapaian SDG 4
2.4. Indikator SDG 4 (Konsep, Definisi, dan Metode Perhitungan)
2.5. Tren Global Pencapaian SDG 4

3. Kualitas Pendidikan dalam Konteks Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia
3.1. Kualitas Pendidikan: Pendahuluan
3.2. Kualitas Pendidikan di Indonesia berdasarkan SDG Roadmap Indonesia
3.3. Kebijakan Pendidikan Indonesia 2020-2024
3.4. Best Practices terkait Kualitas Pendidikan di tingkat Daerah, Nasional, Global

4. PAUD dan Pendidikan Dasar Menengah (DASMEN)
4.1. Latar Belakang dan Tujuan Pembelajaran
4.2. Pendahuluan: Pengembangan Anak Usia Dini
4.3. Gambaran Umum Pendidikan di Indonesia
4.4. Konsep dan Definisi PAUD dan DASMEN
4.5. Gambaran PAUD dan DASMEN di Indonesia
4.6. Gambaran PAUD dan DASMEN di negara lain
4.7. Tren data mengenai PAUD dan DASMEN
4.8. Tantangan (Challenges) dan Kesempatan (Opportunities) PAUD dan DASMEN di Indonesia

5. Pendidikan Tinggi (PT)
5.1. Latar Belakang dan Tujuan Pembelajaran
5.2. Konsep dan Definisi Pendidikan Tinggi
5.3. Gambaran Pendidikan Tinggi di Indonesia
5.4. Gambaran Pendidikan Tinggi di negara lain
5.5 Tren data mengenai Pendidikan Tinggi
5.6. Tantangan (Challenges) dan Kesempatan (Opportunities) Pendidikan Tinggi di Indonesia

6. Pembiayaan Pendidikan
6.1. Konsep Keuangan Publik dan Pendidikan
6.2. Pengeluaran Pemerintah untuk Pendidikan: Internasional
6.3. Pengeluaran Pemerintah untuk Pendidikan : Indonesia
6.4. Peran Pemerintah Daerah
6.5. Peran Swasta

7. Pertumbuhan Ekonomi, Modal Manusia, dan Pendidikan Berkualitas
7.1. Latar Belakang dan Tujuan Pembelajaran
7.2. Ukuran Produk Domestik Bruto (PDB)
7.3 Teori Pertumbuhan Ekonomi
7.4. Konsep Modal Manusia (Human Capital)
7.5. Human Capital dan Pendidikan
7.6. Investasi dalam Pendidikan
7.7. Pendidikan Berkualitas

Siapa yang menyusun materi belajar ini?

SDG Academy Indonesia, SDG Hub Universitas Indonesia, Bappenas, Kemdikbud dan UNESCO.

Bagaimana cara mendapatkan E-certificatenya?

Peserta harus menyelesaikan kesemua topik dan sub topik. Peserta juga harus mendapatkan minimum kelulusan materi belajar dengan skor 60 untuk post-test/tes akhir dan keaktifan dalam forum diskusi di setiap topik.

Berapa lama untuk menyelesaikan ini?

Peserta diberi tenggat waktu selama 6 bulan

Daftar